Cara Mengatasi Komputer Lemot

21:57 SabrinTechno 0 Comments

Cara Mengatasi Komputer Lemot

 

1. Kurangi Aplikasi Yang Tidak Penting

Pertama kurangi apikasi yang tidak penting. Sering kali kita menginstal beberapa aplikasi yang memiliki fungsi yang sama, seperti aplikasi untuk browsing kita menginstal Mozilla Firefox, Google Chrome, Baidu Browser ditambah lagi Internet Explorer bawaaan Windows. Hal seperti itu tentu sangat tidak efektif, karena akan ada banyak penggunaan harddisk, atau beberapa aplikasi juga memerlukan alokasi memori. Saran dari penulis, lebih baik instal aplikasi seperlunya saja, tidak perlu menginstal beberapa aplikasi padahal kegunaanya sama.

2. Kurangi Start Up Yang Tidak Diperlukan

Aplikasi yang berjalan ketika start up akan langsung memakan alokasi memori, sehingga alokasi memori yang seharusnya dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi lain berkurang. Untuk mengatasi hal itu, pilih aplikasi start up yang penting-penting saja dan memang sudah seharusnya berjalan saat komputer baru dihidupkan, seperti anti virus.
Untuk memilih aplikasi apa saja yang akan diperbolehkan berjalan ketika start up, silahkan ikuti langkah dibawah ini.
  1. Buka menu Run dengan menekan tombol Windows + R
  2. Ketikan "msconfig" tanpa tanda petik
  3. Masuk ke tab start up
  4. Hilangkan centang pada aplikasi yang tidak diperbolehkan berjalan saat start up
  5. Klik ok, ketika muncul kotak dialog konfirmasi klik Restart.

3. Pastikan Komputer Terbebas Dari Virus

Seperti yang penulis jelaskan pada artikel sebelumnya, virus dapat membuat komputer menjadi lambat. Untuk mengatasi hal tersebut, Scan komputer menggunakan anti virus, hingga dapat dipastikan komputer terbebas dari virus. Saat ini ada banyak aplikasi anti virus, seperti Avast, AVG, SmadAv, Kaspersky dan masih banyak lagi. Teman-teman tidak perlu menginstal semuanya, karena itu akan menambah beban kerja sistem. Cukup instal beberapa saja, penulis sarankan 2 aplikasi anti virus saja sudah cukup.

4. Lakukan Disk Defragment

Pada dasarnya, ketika kita meletakan file kedalam harddisk, file itu tidak selalu tertata secara teratur. Oleh karena itu lakukan Disk Defragment, untuk menata ulang susunan file agar menjadi urut. Aplikasi yang paling sering penulis gunakan untuk melakukan Disk Defragment adalah Tune Up Utilities. Sebenarnya ada juga Disk Defragment bawaan windows, tapi penulis belum pernah mencobanya.

5. Upgrade Hardware

Ini adalah cara paling ampuh. Jika sudah melakukan semua cara diatas dengan benar, tetapi komputer tetap saja lambat. Teman-teman bisa melakukan Upgrade Hardware. Hal yang paling penting untuk diupgrade adalah RAM, dengan bertambah besarnya RAM, maka proses dapat dilakukan dengan cepat. Dengan catatan ukuran RAM sesuai dengan kecepatan Processor.
Sekian artikel ini, semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 comments: