MYOB
Semakin berkembangnya teknologi
dalam dunia industri saat ini menyebabkan sebuah instansi dituntut untuk
menggunakan teknologi sebagai penujang utama dari perkejaan instansi tersebut. sistem
informasi akuntansi merupakan salah satu bidang teknologi informasi (TI)
yang didukung dengan kemampuan dan penguasaan dalam bidang Akuntansi.
Pengertian sistem informasi akuntansi
(SIA) itu sendiri adalah sebuah sistem informasi yang mempunyai metode dan
prosedur untuk mengumpulkan mengklarifikasikan, mengoperasikan dan melaporkan
informasi dalam sebuah bisnis. Lebih singkatnya SIA merupakan sistem informasi
yang menangani semua tugas-tugas dari akuntansi.
SIA mempunyai fungsi penting dalam
sebuah organisasi diantaranya adalah pertama untuk mengumpulkan dan menyimpan
data tentang sebuah aktifitas dan juga transaksi, kedua memproses data menjadi
sebuah informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan dan
yang ketiga untuk melakukan asset diperusahaan secara tepat.
Pengertian Komputer Akuntansi
Komputerisasi akuntansi
adalah sebuah sistem akuntansi dimana komputer sebagai teknologi untuk
menjalankan aplikasi yang digunakan dalam mengolah transaksi akuntansi dan
sekaligus untuk menghasilkan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan.
Aplikasi Komputer Akuntansi
Banyak jenis-jenis aplikasi yang
digunakan untuk akuntansi, disini saya akan menyebutkan beberapa aplikasi
program/software akuntansi
- KRISHAND
- ACCURATE V3 Standard
- K-Sistem Indonesia
- SAGE ACCPAC ERP
- MYOB Accounting
- Microsoft Office Excel
- DacEasy Accounting (DEA)
- Payroll
- Simply acconting
- Peachtree
- Zahir Accounting
- Cash Register
- NetLedger
- LedgerPlus
Dari banyaknya aplikasi diatas MYOB
Accounting merupakan salah satu software yang umum dan cukup populer
digunakan di Indonesia. Software ini juga biasanya digunakan oleh sekolah untuk
mengajar pelajaran sistem informasi akuntansi (SIA). Ada beberapa hal yang
menjadikan lembaga pendidikan mengunakan MYOB Accounting
- User Friendly (mudah digunakan)
- Tingkat keamanan (security) yang cukup valid untuk setiap user
- Kemampuan explorasi, semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses eksport/impor file, yang merepotkan.
- Kemampuan trash back ke source document dan source transaksi
- Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasi
- Menampilkan laporan keuangan komparasi serta analisa laporan keuangan dalam bentuk grafik.
- Sudah teruji dibeberapa Negara maju dan berkembang lainnya.
MYOB
terdapat tiga versi yang beredar di Indonesia yaitu MYOB basic, MYOB
Accounting, MYOB Primer.
MYOB basic
adalah varian MYOB yang paling sederhana dan paling murah. Penggunaanya tidak
disarankan untuk perusahaan dengan transaksi yang rumit dan menginginkan
laporan keuangan yang lengkap. Dalam MYOB basic, tidak ada modul Inventory,
tidak ada modul Pembelian, kartu stock, laporan utang, dan tidak bisa send to
excel secara otomatis.
MYOB Accounting
yang saat ini beredar adalah MYOB versi 18. Satu perbedaan mencolok antara MYOB
Basic dengan MYOB Accounting adalah, MYOB Accounting sudah dilengkapi denga
fitur untuk melacak persediaan. Secara konsep akuntansi disebut sebagai catatan
persediaan perpetual. Jadi setiap ada mutasi barang akan terlacak (barang masuk
akibat pembelian atau retur penjualan, maupun barang keluar akibat penjualan
atau retur pembelian).
MYOB Premier
adalah varian MYOB dengan fitur terlengkap. Perbedaan utama antara MYOB Premier
dengan MYOB Accounting adalah fasilitas MYOB premier untuk menangani transaksi
multicurrency, fasilitas untuk melacak mutasi antar gudang, serta fasilitas
multiuser.
Manfaat Komputer Akuntansi
Manfaat dan keuntungan dari
komputerisasi akuntansi adalah
- Dapat menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
- Pencegah kekeliruan karena tingkat ketelitian dan fokus dari komputer lebih tinggi.
- Mengingkatkan efisiensi
- Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
- Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
- Menambah efisieansi kerja di bagian keuangan
- Meningkatkan sharing knowledge
1.
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Dewasa
ini sistem komputer Akuntansi sangat
berkembang pesat, dan bahkan setiap perusahaan harusnya mengembangkan
sistemnya sesuai dengan kompleksitas, perkembangan perusahaan, juga untuk
mengikuti perkembangan jaman. Dengan adanya software komputer, maka pekerjaan
yang manual dan memakan banyak waktu dan tenaga seperti paper work akan semakin
berkurang. Selain itu, komputer juga dapat memproses lebih banyak data dalam
waktu yang relatif cepat, sehingga efisiensi pun akan didapatkan. Data yang
diolah dalam komputer akan menjadi output berupa informasi finansial ataupun
non finansial. Proses pengolahan data ini dapat dilakukan secara terdistribusi
maupun terpusat. Terdistribusi berarti data diolah secara terpisah (misalnya
dalam tiap komputer tanpa terhubung ke jaringan), sedangkan pengolahan terpusat
berarti data diolah secara terpusat, dengan satu database sebagai wadah untuk
menampung semua data perusahaan (misalnya: komputer terhubung ke jaringan
perusahaan untuk pengolahan data).Dengan menggunakan komputer, laporan yang
terlambat ataupun informasi yang non struktural bisa dapat diminimalisasi
berkat pengendalian dan penerapan akuntansi untuk menghasilkan informasi yang
layak dan berguna dan memenuhi prinsip akuntansi bagi perusahaan.
Komputerisasi Akuntansi
merupakan program studi yang berusia relatif muda dan dikembangkan berdasarkan
kebutuhan tenaga kerja pada industri yang menginginkan adanya tenaga kerja yang
mempunyai skill di bidang komputer serta memahami akuntansi sebagai bahasa
bisnis.
Beberapa jenis aplikasi
akuntansi komputer yang telah banyak dipakai di seluruh penjuru dunia adalah
MYOB, Payroll, DacEasy, Simply Accounting, General Ledger, Acc Pac, Peachtree,
dll. Manfaat aplikasi akuntansi komputer adalah menghasilkan kemudahan untuk
menyusun laporan keuangan perusahaan dengan akurat, efisien dan cepat.
Keuntungan dalam penggunaan aplikasi komputer adalah kecepatan dalam
mendapatkan laporan keuangan, yang seringkali dilakukan secara otomatis oleh
komputer bila dibandingkan dengan cara manual. Penggunaan komputer juga
memiliki tingkat ketepatan tinggi. Aplikasi komputer akuntansi juga mampu
menghasilkan dan menampilkan data dengan mudah dan cepat.
Aplikasi akuntansi komputer dapat digunakan oleh semua pemakai yang
bisa mengoperasikan komputer serta memahami prosedur standar pembukuan. Dengan
demikian, aplikasi ini tidak hanya ditujukan pada pakar akuntansi atau orang
yang ahli di bidang komputer yang sudah mengetahui cara menginstal computer.
Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam
makalah ini akan diarahkan kepada beberapa item penting, yaitu :
1. Pengertian dari Komputerisasi Akuntansi?
2. Jenis-jenis aplikasi untuk akuntansi beserta
pengertian!
3. Apa kekurangan dan kelebihan dari masing-masing
aplikasi?
4.
Apa
keuntungan penggunaan aplikasi akuntansi komputer dibandingkan dengan cara
manual?
2.
PEMBAHASAN
1.
Pengertian Komputerisasi Akuntansi
Aturan tata buku mengharuskan pencatatan transaksi
dilakukan berulang-ulang, mulai dari mencatat jurnal, klasifikasi transaksi,
posting ke buku besar, membuat neraca lajur, menyusun laporan laba rugi, neraca
hingga tutup buku dan sebagainya. Hal ini berakibat pada pembuatan laporan
keuangan memerlukan waktu lama dan relatif sulit, apalagi bila transaksi dalam
jumlah banyak. Sistem akuntansi berkembang sejalan dengan berkembangnya
kebutuhan informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi. Komputer akuntansi
adalah program aplikasi yang digunakan untuk mengolah transaksi akuntansi
dan menghasilkan laporan keuangan yang diperlukan.
2.
Jenis- Jenis Aplikasi untuk
Akuntansi dan Pengertiannya
a.
KRISHAND
Software
Krishand PPN 1107, Krishand Withholding Tax, Krishand PPh 21, Krishand Payroll,
Krishand General Ledger. Software Krishand PPN 1107 / Withholding Tax /
Krishand PPh 21 merupakan software database yang membantu Anda di dalam
mempersiapkan formulir-formulir pajak. Dengan menggunakan software ini,
persiapan pelaporan pajak Anda menjadi praktis dan efisien tanpa perlu
dipusingkan oleh masalah-masalah seperti salah hitung, salah ketik ataupun
kesalahan sepele lainnya. Software Krishand bukan hanya sekedar software
pelaporan pajak, tetapi memberikan nilai lebih dari itu. Banyak laporan
internal yang disediakan untuk membantu Anda menganalisa data yang telah
diinput. Untuk membantu Anda melakukan pekerjaan seminimal mungkin, software
Krishand dapat dimodifikasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan
Anda seperti setting print out pada blanko SSP atau Faktur Pajak, impor data
penjualan untuk pembuatan Faktur Pajak secara otomatis, impor data Faktur Pajak
Keluaran maupun Masukan dari file Excel, impor data PPh untuk pembuatan Bukti.
b.
ACCURATE V3 Standard
Software
akuntansi dengan modul Account Payable, Account Receivable, Inventory, dan
General Ledger yang terintegrasi. Dalam versi Standard, kami memberikan 2 (dua)
license. Artinya, 2 user/client bisa menginput ke dalam 1 (satu) database dalam
waktu yang bersamaan. Ada banyak fitur yang tersedia di Accurate 3. Fitur besar
yang terdapat di versi ini adalah:
1. Pajak
masukan di modul pembelian (Purchase order dan Purchase Invoice)
2.
Harga satuan yang termasuk pajak
(Inclusive Tax) di semua form yang ada hubungan dengan pajak (PPN).
3.
Template untuk semua form dengan
designer yang lebih mudah dan field-field yang lebih lengkap
4. Ongkos
kirim (Freight) untuk modul pembelian dan penjualan
5.
Sepuluh buah custom field yang
tersedia di semua form yang berhubungan dengan item.
6.
Perhitungan komisi saleman yang
lebih lengkap.
7.
Penambahan modul Rekonsiliasi Bank.
Selain fitur-fitur besar di atas, berikut perincian
penambahan / perbaikan fitur yang telah dilakukan di versi 3:
a.
K-SYSTEM INDONESIA
K-System adalah program terpadu operasional
dan akuntansi yang di design khusus untuk kondisi Indonesia. Banyak perusahaan
ingin melakukan komputerisasi karena dapat mempercepat operasional dan
mempermudah kontrol. Data cukup diisi 1x dibagian operasional, faktur dicetak
dari komputer dan proses pembukuan selanjutnya secara otomatis dikerjakan oleh
komputer. Laporan yang dibutuhkanpun tersedia setiap saat.
b.
SAGE ACCPAC ERP
Adalah sebuah sistem akuntansi yang dikembangkan dengan
arsitektur kelas dunia dan telah memenangkan berbagai penghargaan. Didesain
untuk memenuhi kebutuhan perusahaan baik besar maupun kecil, Sage Accpac ERP
dapat dijalankan dengan menggunakan berbagai pilihan database. Sage Accpac ERP
memenuhi kebutuhan perusahaan akan suatu aplikasi manajemen bisnis end-to-end
yang terintegrasi penuh. Sage Accpac ERP memberikan fungsionalitas kerja yang
lebih baik dengan kinerja yang tinggi dan kebebasan pilihan bagi penggunanya.
c.
MYOB ACCOUNTING 17
MYOB (Mind Your Own Business)
Accounting merupakan software olah data akuntansi secara terpadu (integrated
software), yaitu proses pencatatan data transaksi akuntansi dilakukan dengan
cara mengentri data transaksi melalui media formulir yang terdapat dalam
command centre, kemudian program MYOB akan memproses secara otomatis, cepat,
tepat, dan terpadu ke dalam seluruh catatan akuntansi dan berakhir dengan
laporan keuangan. MYOB Accounting dapat diterapkan pada berbagai jenis
perusahaan, baik bidang jasa, dagang (retail) maupun industri (pengolahan), dan
pertanian serta usaha-usaha yang lain. Software ini dibuat oleh MYOB Limited
Australia dan sudah dipakai di berbagai Negara, baik di Eropa, Amerika, Kanada,
dan Asia. Saat ini sudah hadir MYOB Accounting versi 17.
3.
Kelemahan dan Kelebihan dari masing
– masing Aplikasi
A.
KRISHAND
KELEBIHANNYA
|
KEKURANGANNYA
|
||||
1.
Cepat dan Akurat
Dengan
software Krishand, persiapan pelaporan pajak Anda akan terhindar dari
kesalahan seperti salah ketik, salah hitung, dsbnya, yang sering
terjadi jika dilakukan secara manual..
|
1.
Tidak tahu bagaimana caranya
memulai mengembangkan OSS.
|
||||
2.
Praktis
|
2.
Model bisnis yang tidak mengikuti
pola bisnis software proprietary.
|
||||
3.
Review setiap saat
|
3.
Kepemilikan yang tidak jelas
sehingga cenderung berlawanan ( anti-thesis ) dengan pola IPR ( Intellectual
property Right ) yang juga sedang digalakkan oleh pemerintah dalam penelitian
yang didanai selama ini.
|
||||
4.
Up to Date
Semua formulir perpajakan yang
tersedia dalam aplikasi merupakan formulir terbaru yang sesuai dengan
peraturan perpajakan terakhir.
|
4.
Tidak adanya dukungan komersial.
|
||||
5.
Membuat kerja lebih efektif,
efisien dan hemat waktu.
|
5.
Terlalu banyak variasi dari OSS.6.
|
||||
6.
Usabilitas yang masih kurang baik.
|
|||||
7.
Terbatasnya sumber daya manusia,
aplikasi dan komitmen terhadap OSS.
|
B.
ACCURATE V3 Standard
KELEBIHANNYA
|
KEKURANGANNYA
|
1.
Customer & Vendor
Bisa mengisi Saldo awal lebih dari
1 invoice.
|
1.
Single login. Hanya bisa login
menggunakan user supervisor.
|
2.
Purchase Order
Ada penambahan field Terms, dan
FOB
|
2.
Membuka
database dari local PC, tidak bisa membuka database dari lokasi remote.
|
3.
Purchase Invoice
Terdapat field Fiscal Rate untuk
pembelian mata uang asing dengan PPN.
|
3.
OEM license, tidak bisa di migrasikan
atau dipindah ke komputer lain.
|
4.
Receive Item
Tidak menjurnal ke Hutang dagang lagi, namun ke: Barang
yang belum ditagih (Unbilled goods).
|
4.
Tidak untuk pemakaian multiple
user, tidak diperbolehkan menambah license.
|
5.
Purchase Return (d/h: Debit Memo)
Nilai retur bisa memasukkan nilai Tax, Freight dan
Discount dari Purchase Invoice.
|
5.
Tidak mendapat diskon untuk major
upgrade atau trade-in.
|
6.
Vendor Payment (d/h: Make Payment)
Setiap form ada nomor urutnya agar mempermudah
pengarsipan.
|
|
7.
Sales Order
Ditambahkan field Salesman
|
|
8.
Sales Invoice / Delivery Order
Item service dari SO bisa diproses lebih dari 1 Sales
Invoice
|
C.
K-SYSTEM INDONESIA
KELEBIHANNYA
|
KEKURANGANNYA
|
K-System memberi pilihan untuk anda yang akan melakukan
komputerisasi karena K-System adalah program yang sudah baku, lengkap,
teruji, integrated dan sepenuhnya ditulis dalam bahasa Indonesia dan banyak
pendukungnya. K-System berjalan di Linux & Windows. Saat ini K-System
sedang dikembangkan ke Web Based.
|
1.
Untuk keamanan dan purna jual yang
terjamin K-System
tidak dijual tetapi hanya disewakan dan biaya sewa sudah termasuk penyesuaian
program & laporan.
|
2.
Bagi perusahaan kecil, K-System
single user diberikan secara cuma2 dan dapat pakai sepenuhnya di perusahaan,
dan bagi Perusahaan menengah dan besar K-System single user ini bisa sebagai
bahan pertimbangan untuk melakukan komputerisasi di Perusahaan.
|
|
3.
Bagi perusahaan kecil, K-System
single user diberikan secara cuma2 dan dapat pakai sepenuhnya di perusahaan,
dan bagi Perusahaan menengah dan besar K-System single user ini bisa sebagai
bahan pertimbangan untuk melakukan komputerisasi di Perusahaan.
|
|
4.
Sayangnya komputerisasi bukanlan
hal yang mudah. Tidak semua program sudah lengkap, integrated, teruji dan
banyak pendukungnya. Source program juga tidak diserahkan sehingga
program susah untuk disesuiakan sesuai dengan keinginan perusahaan.
|
D.
SAGE ACCPAC ERP
KELEBIHANNYA
|
KEKURANGANNYA
|
1.
Efisien dan mudah digunakan
|
1.
Hanya 1(satu) tipe dari database
yang dapat digunakan untuk satu waktu. Jika digunakan untuk Btrieve dan
kemudian untuk MSSQL, report sudah harus diganti.
|
2.
Kemampuan reporting yang kompeten
|
2.
Sering kali menghabiskan waktu
untuk perbaikan data.
|
3.
Dapat disesuaikan dengan ukuran
dan kebutuhan perusahaan. Dengan tiga edisi (ERP100, ERP200, dan ERP500)
|
3.
Sumber data ODBC harus
dikonfigurasikan dengan tepat.
|
4.
Terintegrasi penuh
|
4.
Masalah hubungan/connectivity
kemungkinan lebih sulit.
|
5.
Support Windows dan Linux
|
|
6.
Kombinasi desktop base dan web
base
|
|
7.
Notes : Sage
Accpac ERP mempunyai dua modul utama yang saling terintegrasi penuh, yaitu Financial
Modules dan Operational Modules.
Modul-modul finansial meliputi:
General Ledger, Accounts Payable, Accounts Receivable
Modul-modul operasional meliputi:
Order Entry / Sales Order, Purchase Order, Inventory
Control
|
E.
MYOB ACCOUNTING 17
KELEBIHANNYA
|
KEKURANGANNYA
|
1.
User friendly (mudah digunakan),
bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendasar tentang
akuntansi.
|
1.
Tidak ada module fixed assets,
sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang
dimiliki maka harus membeli add on lagi
|
2.
Tingkat keamanan yang cukup valid
untuk setiap user.
|
2.
Tidak ada module Intercompany Reporting,
sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk membuat laporan keuangan
konsolidasi maka harus membeli add on lagi
|
3.
Kemampuan
eksplorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses ekspor/impor
file yang merepotkan.
|
3.
Kelemahan Multi Warehouse yang
mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di
dalam MYOB.
|
4.
Kemampuan trash back semua laporan
ke sumber dokumen dan sumber transaksi.
|
4.
Tidak dapat digunakan untuk
mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak
dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.
|
5.
Dapat
diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
|
5.
database
MYOB merupakan file based sehingga kurang optimal jika digunakan untuk
transaksi yang besar dan kompleks. Isu terbaru MYOB akan menggunakan
server-based untuk databasenya sehingga optimalisasi pengolahan data lebih
realistis.
|
6.
Menampilkan
laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan
dalam bentuk grafik.
|
|
7.
Mudah
dipahami dan digunakan, sehingga bisa diajarkan kepada siswa SMK/SMA dan
mahasiswa, maupun dipelajari oleh user secara mandiri untuk aplikasi langsung
dalam pengelolaan perusahaan.
|
|
8.
Bisa
diterapkan untuk jenis usaha yang ada di Indonesia, baik untuk skala kecil,
menengah, dan besar
|
4.
Keuntungan Penggunaan Aplikasi
Akuntansi Komputer Dibandingkan dengan Cara Manual
Sudah tidak aneh lagi kalau sistem
akuntansi sangat berkembang saat ini, dan bahkan setiap perusahaan harusnya
mengembangkan sistemnya sesuai dengan kompleksitas, perkembangan perusahaan,
juga untuk mengikuti perkembangan jaman. Dengan adanya software komputer, maka pekerjaan yang manual dan
memakan banyak waktu dan tenaga seperti paper work akan semakin berkurang.
Selain itu, komputer juga dapat memproses lebih banyak data dalam waktu yang
relatif cepat, sehingga efisiensi pun akan didapatkan.
Data yang diolah dalam komputer akan
menjadi output berupa informasi finansial ataupun non finansial. Proses
pengolahan data ini dapat dilakukan secara terdistribusi maupun terpusat.
Terdistribusi berarti data diolah secara terpisah (misalnya dalam tiap komputer
tanpa terhubung ke jaringan), sedangkan pengolahan terpusat berarti data diolah
secara terpusat, dengan satu database sebagai wadah untuk menampung semua data
perusahaan (misalnya: komputer terhubung ke jaringan perusahaan untuk
pengolahan data).
Dengan menggunakan komputer, laporan
yang terlambat ataupun informasi yang non struktural bisa dapat diminimalisasi
berkat pengendalian dan penerapan akuntansi untuk menghasilkan informasi yang
layak dan berguna dan memenuhi prinsip akuntansi bagi perusahaan.
5.
KESIMPULAN
Semakin
berkembangnya zaman, teknologi yang diciptakanpun semakin canggih. Terutama
untuk mengerjakan siklus akuntansi. Di zaman yang sudah modern dan canggih
seperti ini, perusahaan – perusahaan besar sudah banyak meninggalkan cara
manual untuk mengerjakan siklus akuntansi. Cara manual ini ditinggalkan karena
dengan menggunakan aplikasi computer akuntansi pekerjaan menjadi lebih mudah,
lebuh cepat, lebih menghemat kertas, dan dijamin keamanannya. Sekarang ini,
sudah banyak software akuntansi yang akan mempermudah pekerjaan kita dalam
mengerjakan rentetan siklus akuntansi.
Beberapa
software akuntansi ini diantaranya adalah : Krishand, Accurate V3 Standard, K-System Indonesia, Sage
Accpacerd, MYOB Accounting 17. Software – software ini memiliki kelebihan dan
kekurangannya masing-masing. Tetapi tergantung pada jenis perusahaannya ingin
menggunakan software yang mana.
Software-software
ini digunakan pada siapa saja yang bisa menggunakan aplikasi akuntansi, bukan
hanya untuk pakar akuntansi atau orang yang ahli di bidang komputer yang sudah
mengetahui cara menginstal computer.
0 comments: