Melakukan Prosedur Administrasi

02:26 SabrinTechno 0 Comments



1.      Surat rahasia adalah surat yang isinya bersifat rahasia dan tidak boleh diketahui oleh orang lain selain yang berkepentingan, biasanya pada amplopnya diberi tanda “SR” atau “SRHS”
2.      Surat pengantar adalah surat yang ditujukan kepada perorangan atau lembaga sebagai pengantar atau referensi seseorang untuk berhubungan dengan pihak penerima surat. Surat pengantar pada umumnya disebut sebagai surat jalan.
3.      Macam-macam surat berdasarkan tujuannya:
-          Surat pemberitahuan
-          Surat perintah
-          Surat permintaan atau permohonan
-          Surat peringatan atau teguran
-          Surat susulan
-          Surat panggilan
-          Surat pengantar
-          Surat keputusan
-          Surat laporan
-          Surat perjanjian
-          Surat penawaran, pesanan, dsb.
4.      Surat perjanjian adalah perjanjian tertulis antara kedua belah pihak yang bertujuan agar kedua belah pihak sama-sama menepati isi perjanjian yang telah dibuat dan disepakati bersama.
5.      Tujuan membuat surat memo atau nota adalah meminta atau memberikan informasi atau petunjuk kepada seseorang yang berkompeten.
6.      Kartu pos adalah surat terbuka yang terbuat dari kertas berukuran 10x15 cm, lembaran kertas surat ini biasanya tebal berbentuk persegi panjang dan pengirimannya tanpa amplop.
7.      Warkat pos adalah surat tertutup yang terbuat dari sehelai kertas dan dapat dilipat menjadi amplop.
8.      Telegram adalah jenis surat yang berisikan pesan yang relatif singkat dan dikirim dengan bantuan pesawat telegram. Surat dapat sampai ke tujuan dalam waktu singkat.
9.      Surat bersampul adalah surat yang dikirimkan kepada seseorang dengan menggunakan sampul surat.

You Might Also Like

0 comments: